Tuesday, January 10, 2012

7 Film Terhorror

1. The Others

Cerita membawa kita ke Isle of Jersey pasca Perang Dunia II, di sebuah rumah besar di mana tinggal Grace Stewart (Nicole Kidman), seorang orangtua tunggal yang ditinggal mati suaminya, Charles, seorang prajurit perang. Grace mengurus dua anaknya yang masih kecil,Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley), yang mengidap xeroderma pigmentosum, membuat mereka sangat sensitif terhadap cahaya matahari dan hanya sanggup menangani cahaya lilin. Grace menjadi sangat protektif kepada keduanya dan membuat aturan-aturan untuk menjaganya dari cahaya luar sehingga membuat rumah besar mereka menjadi gelap. 

Kedatangan tiga orang pembantu untuk mengurus rumah besar tersebut, Mrs. Bertha Mills (Fionulla Flanagan) yang tua, Mr. Edmund Tuttle (Eric Sykes) seorang tukang kebun tua, dan gadis bisu Lydia (Elaine Cassidy), mulai menimbulkan serangkaian kejadian aneh di rumah tersebut. Ketika Anne menunjukkan Grace gambarnya tentang empat orang asing yang ditemuinya dalam rumah, ketika piano di dalam ruangan berbunyi sendiri, dan ketika Grace menemukan “buku orang mati” yang berisi foto-foto mayat didudukkan dengan baju yang bagus, Grace mulai yakin dan mencari tahu akan hal asing mistis yang menghantui rumah dan kehidupan mereka, tanpa tahu akhir yang akan memutarbalikkan hidup mereka.

2. The Eye

Film horror yang disutradarai oleh Peng bersaudara,Oksai Peng Chun dan Dhani Peng, The Eye. Bercerita tentang seorang cewek buta yang mendapat donor mata dan dengan mata barunya ia bisa jadi melihat hantu.The Eye termasuk film yang paling jadi bahan omongan. Semua yang sudah menonton sependapat kalau film ini sangat menyeramkan.The Eye itu sukses meraih banyak penghargaan di Hongkong dan Asia Tenggara. Ikhwal tersebutlah maka sineas Hollywood kembali mengangkat tema film bergenre horror ini ke layar lebar. 

Kisah berawal dari Sidney yang diperankan oleh Jesicca Alba itu melakukanoperasi mata, namun kebahagiaan Sidney tak berlangsung lama karena ia mulai dihantui oleh penampakan yang menyeramkan. Saat keluarga Sidney mulai meragukan kewarasannya, ia mulai mengetahui bahwa penampakan tersebut berasal dari mata yang telah didonorkan kepadanya.

3. 4BIA

Empat sutradara muda Thailand bergabung membuat film horror hasilnya adalah 4BIA. Tanpa hantu konyol dan drama berkepanjangan film pendek ini sukses membuat penonton bioskop menjerit-jerit. Film pertama berjudul Happynes, bercerita tentang gadis pengangguran yang berkenalan dengan pria misterius lewat pesan singkat ditelfon genggam. Film kedua berjudul ….berkisah tentang balas dendam seorang anak yang menjadi korban penindasan. Sedangkan film ketiga berjudul In The Middle ,menceritakan empat pemuda yang pergi berkemah di hutan lalu mendapat kecelakaan saat berperahu. Dan film terakhir berjudul The True Last Flight, mengisahkan tentang seorang pramugari yang terbang sendirian bersama mayat seorang putri kerajaan.

Di Negara asalnya Thailand film ini menduduki peringkat tertinggi dari tingkat pendapatan mengalahkan film Hollywood Iron Man dan Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Could dikarenakan keberhasilan sebuah film adalah pada kekuatan konsep bukan pada panjang pendeknya durasi film.

4. The Haunting

Diangkat dari novel The Bell Witch: An American Haunting karya Brent Monahan yang berdasarkan legenda rakyat di Tennessee, Amerika Serikat dari abad ke-19, film ini memulai kisahnya dengan setting masa sekarang bahwa seorang gadis muda mengalami mimpi buruk dikejar oleh sesuatu yang tidak terlihat. Ia dibangunkan oleh ibunya yang kemudian menemukan sekumpulan surat tua dari tahun 1817, yang dibuat nenek moyangnya, Lucy Bell dan juga sebuah boneka tua.

Cerita kemudian bergulir pada awal abad ke-19 ketika John Bell (Donald Sutherland), suami Lucy Bell (Sissy Spacek), dituduh merampas sebidang tanah seorang wanita lantaran sang wanita yang bernama Kate Batts (Gaye Brown) tidak mampu membayar bunga pinjaman yang sangat tinggi. Lantaran John dilepaskan begitu saja, Kate yang kabarnya memiliki ilmu sihir pun marah dan mengutuknya. Sejak itu, keluarga John Bell mengalami beberapa kejadian aneh.

eperti halnya John melihat seekor serigala hitam yang kerap menghilang begitu saja dan putrinya, Betsy Bell (Rachel Hurd-Wood) suka mendengar suara-suara misterius seolah-olah ada seseorang dalam kamar tidurnya. Bahkan Betsy mulai bermimpi buruk tentang seorang gadis cilik berpakaian merah dan sosok jahat yang selalu datang ke kamarnya ketika semua orang sudah tidur. Pada mulanya keluarga Bell mengira Betsy hanya bermimpi buruk belaka namun akhirnya percaya ketika melihat terjadi sesuatu yang mengejutkan terhadap gadis tersebut.

5. Alone

Sebuah kisah horror yang diangkat dari fenomena kedokteran soal kembar siam bernama Pim dan Ploy, terangkum dalam film Alone. Pim adalah seorang perempuan karir yang berbahagia tinggal di Korea bersama suaminya. Pim tadinya punya kembaran bernama Ploy, namun saat dioperasi pemisahan mereka berdua Plou meninggal. Sampai seperempat jalan film ketegangan belum muncul, saat Pim kembali ke Thailand menengok ibunya yang erserang stroke keanehan baru bermuculan. Entah kenapa tiba-tiba Pim makin sering mengalami hal-hal horror, penampakan di kamar mandi, ranjang, lemari baju, bed tap bahkan di lorong-lorong. Karena terlalu sering dihantui, Wei suami Pim meminta Pim bertemu Psikiater. Dari sana mengalirlah berulang-alik soal masa lalu dua kembar yang ternyata perutnya rapat itu.

6. The Ring

Semua pasti setuju jika film horror Jepang The Ring mendapatkan gelar Film thriller horror asia yang paling terpopuler. Terbukti dalam polling yang dilakukan oleh majalah di Amerika dengan mengejutkan menduduki posisi teratas mengalahkan film Audition.Cerita horror Hidio Nakata tahun 1998 yang telah dibuat versi barunya pada tahun 2002 itu berhasil menyabet film horror terbaik se-Asia. Selain sukses di versi aslinya, versi Amerikanya juga sukses nangkring di puncak Box Office. Terbukti The Rings 2 pada pemutaran dalam hitungan minggu berhasil merengguk 36 juta dollar, sequelnya ini berhasil melewati angka yang sempat diraih The Rings yang hanya mengumpulkan 15 juta dollar. Film ini memang memiliki ide yang segar di film bergender horror yang berkisah tentang bocah bernama Samara yang menuntut balas atas kematian yang misterius.

Hantu Sadako ini memakan korban banyak orang dan misteri mengerikan itu harus segera terpecah agar tak lagi memakan korban

7. Shutter

Adalah film horror Thailand terpopuler sekaligus membuat bulu kuduk merinding. Film yang direlease tahun 2004 yang dibintangi oleh Andanda Evringhaem, Nata Weranokhtongmae, dan Acita Sikamana ini terfokus pada foto berhantu yang terlihat. Film yang disutradarai oleh Ben Joung Pisantanafung dan Pak Wung Kuong Fung itu dinominasikan untuk penghargaan kinari emas 2005 untuk film terbaik di festival film internasional Bangkok dan memenangkan barbagai penghargaan di festival kecil di seluruh dunia. Film yang diterima dengan baik di Thailand, Singapura, Filipina dan Brazil tersebut dibuat kembali pada tahun 2008 yang di sutradarai oleh Mazayuki Ochiae dan dibintangi oleh Rachel Tayler.




No comments:

Post a Comment