Thursday, May 2, 2013

Seribu Satu Manfaat Daun Kelor

Salah satu pohon yang paling ingin saya tanam di pekarangan rumah adalah pohon kelor. mengapa?

Kelor merupakan salah satu tumbuhan yang paling akrab dengan kita. Tanaman bernama latin Moringa Oleifera ini memang mudah tumbuh sehingga tak jarang para ibu menanamnya di halaman rumah. Tumbuhan dengan daun berukuran kecil ini bisa mencapai ketinggian 6 sampai 11 meter. Kabarnya semua bagian kelor ini bisa diolah dan memiliki khasiat bagi kesehatan. Mulai dari batang, biji, daun, bahkan akar. Semuanya memiliki manfaat yang beragam. Tapi tahukah Anda bahwa bagian yang paling banyak memiliki manfaat dari kelor adalah daun?

Kelor merupakan jenis tanaman sayuran yang mudah tumbuh di daerah tropis. Perawatannya pun tidak membutuhkan perhatian khusus layaknya tumbuhan lainnya. Kedua hal ini yang membuat kelor mudah dijumpai di mana-mana terutama di pekarangan rumah penduduk. Daun kelor pada mulanya hanya dikenal sebagai bahan sayuran pelengkap makanan. Namun, penelitian beberapa ahli gizi membuka mata banyak orang. Secara klinis, manfaat daun kelor cukup beragam khususnya bagi kesehatan manusia.

Tanaman Kaya Manfaat

Dahulu, manfaat utama daun kelor tentu sebagai sayuran pendamping makanan utama. Sedangkan dewasa ini, daun kelor tak hanya dimanfaatkan sebagai santapan saja, melainkan juga sebagai bahan obat. Oleh peneliti asing, pohon kelor dijuluki “Miracle tree” oleh karena kandungan gizi di dalam daunnya cukup lengkap dibadingkan jenis tanaman sayuran lainnya.

Secara umum, daun kelor atau Moringa Oleifera mengandung berbagai mineral juga sejumlah vitamin termasuk vitamin A. Takaran nutrisinya sekitar 3390 SI vitamin A per 100 gram daun. Zat lain yang dikandungnya berupa arginin, leusin, metionin, valin, pterigosperm dan masih banyak lagi senyawa lainnya. Kayanya kandungan kelor membuat tumbuhan yang satu ini ampuh mengobati beragam penyakit. Jadi tidak heran jika banyak produsen obat herbal yang mejadikannya bahan baku andalan.

Sayuran yang Nikmar dan Berkhasiat


Tentu semua orang mengetahui bahwa daun kelor bisa diolah menjadi menu sayuran pendamping makanan pokok kita. Bahkan ini merupakan kegunaan utama daun kelor. Di Indonesia khususnya, daun kelor biasanya diolah menjadi sayur bening maupun sayur bobor. Di daerah tertentu seperti Manado dan Palopo Sulawesi Selatan, daun kelor bisa diolah menjadi pelengkap jenis kuliner bubur. Rasanya tak hanya nikmat tapi juga menyehatkan.

Selain berguna sebagai sayur pendamping lauk, daun kelor ternyata memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Kabarnya kandungan gizi yang ada dalam daun kelor tidak main-main. Bahkan beberapa ilmuan menjulukinya “Pohon Ajaib”. Dengan menyantap daun kelor secara teratur, akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandung asam amino esensial yang cukup lengkap. Tak berhenti sampai di situ, ternyata daun kelor juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Zat semacam Valin, secara empiris berfungsi untuk mengurangi gangguan pada saraf otot, mengobati insomnia, mempengaruhi keadaan emosional serta mental. Sementara itu senyawa metionin pada daun kelor juga ampuh menyerap lemak serta kolesterol jahat dalam darah. Metionin secara tidak langsung juga berfungsi memelihara kesehatan hati. Oleh sebab itu, konsumsi daun kelor bermanfaat menurunkan berat badan sembari memelihara kesehatan hati.

Manfaat daun kelor lainnya adalah mengobati penyakit seperti kurap atau herpes serta luka yang telah bernanah. Caranya cukup sederhana. Tumbuk daun kelor sampai halus kemudian langsung balurkan pada luka/kurap secara merata. Penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan daun kelor adalah epilepsi, sariawan, sembelit, lemah letih lesu, sakit kuning, pagal linu bahkan rematik. Untuk sederet penyakit ini, cukup rebus akar daun kira-kira dua ruas ibu jari dalam 2 gelas air. Panaskan hingga air susut menjadi satu takaran gelas. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari. Dosisnya cukup seperdua gelas saja sekali minum.

Daun kelor kini banyak dikembangkan dalam dunia pengobatan khususnya jenis herbal. Jika Anda menghendaki manfaat daun kelor namun tidak ingin dibuat repot, bisa langsung membeli kapsul ekstrak daun kelor. Harganya cukup murah dan tentu khasiatnya sama dengan daun kelor yang biasa Anda petik dari pohonnya. Kapsul daun kelor sendiri bisa didapatkan dengan mudah di toko herbal terdekat dari kota Anda. Selamat mencoba.

Kaya Vitamin A dan C


Jika selama ini Anda beranggapan bahwa vitamin A paling banyak di sayuran wortel dan kandungan Vitamin C paling tinggi ada di buah jeruk, maka siap-siaplah terkejut. Sebab penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa justru kelor lah yang juara dalam hal jumlah kandungan vitamin A dan C. Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan mata sedangkan vitamin C sangat baik untuk memelihara kondisi tubuh. Dengan mengkonsumsi daun kelor, kebutuhan tubuh akan vitamin A dan C terpenuhi. Poin tambahannya adalah bahwa kelor jauh lebih murah dan mudah didapatkan daripada wortel dan jeruk. Tidak heran jika di Afrika, salah satu kegunaan daun kelor adalah untuk memerangi gizi buruk. Biaya murah dan mudah didapatkan!

Lawan Penyakit Dengan Kelor

Berdasarkan riset ilmiah, daun kelor memiliki kandungan gizi yang lengkap. Mulai dari kalsium, mineral, asam amino dan tentu vitamin. Hal ini menjadikan kelor sangat baik untuk mencegah bahkan melawan penyakit tertentu. Daun kelor bisa berfungsi sebagai anti inflamasi sebab kandungan kalsium serta fosfornya cukup tinggi. Manfaat lain dari kelor adalah mengatasi rasa nyeri serta letih. Kandungan senyawa bernama pterigospermin yang ada dalam daun kelor mampu merangsang kulit dan menghangatkannya. Tidak heran jika leluhur kita dahulu kala mengobati memar atau nyeri dengan cara melumat daun kelor yang kemudian dibalurkan pada titik nyeri. Kelor bisa mengurangi rasa sakit karena ia juga bersifat analgetik.


Kegunaan daun kelor lainnya adalah menurunkan kolesterol yang merupakan biang penyakit. Berdasarkan riset, daun kelor memiliki senyawa tertentu yang dapat mereduksi kandungan lemak dalam darah. Hal ini sama seperti yang kita jumpai dalam obat atenolol.

Teh dan Kapsul Daun Kelor

Beragam kegunaan daun kelor serta informasi nutrisi yang kaya di dalamnya membuat banyak orang mulai melirik daun kelor. Dalam dunia keehatan, kini mulai dikenal adanya teh herbal yang dibuat dari campuran daun kelor dan daun teh. Tak hanya berupa teh, khasiat daun kelor kini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kapsul yang berisi ekstrak daun kelor Produk ini bisa Anda dapati di toko-toko tertentu. Bagi Anda yang menyukai hal praktis, kapsul tersebut tentu menjadi pilihan yang cerdas.

Sumber: perlutahu.org

1 comment: